HOME / ARTICLE / Istilah Marketplace, E-Commerce dan Jualan Online

Istilah Marketplace, E-Commerce dan Jualan Online

Pengertian Marketplace Secara Umum

Kali ini akan Memberikan Pengertian Marketplace Terlebih dahulu

1. Definisi Marketplace

Marketplace adalah sebuah Pasar Elektronik yang melakukan Kegiatan Menjual dan Membeli suatu barang ataupun Jasa yang meliputi 3 Aspek (b2b, b2c & c2c) dimana B2B (Bisnis to Bisnis) Mendominasi sampai 75% di Marketplace.

2. Sejarah Marketplace

Pada tahun 1998 Menurut Laudon & Laudon merupakan proses jual beli produk secara Elektronik oleh Konsumen, dari perusahaan ke perusahaan menggunakan Komputer sebagai Media Perantara Transaksi tersebut. pertukaran bisnis yang rutin menggunakan Media Elektronic Data Interchange (EDI), EMail, mesin faksimili, Electronic Funds Trasnfer & Bulletin boards yang berkenaan dengan transaksi belanja di Internet,Jenis-jenis Merupakan seluruh jenis Marketplace

3.  Macam-macam E-Commerce Berdasarkan Kategorinya :

  • Iklan Baris : Contoh dari Marketplace mulai dari yang paling sederhana adalah FJB Kaskus, Craiglist & OLX.

  • Toko Online : Toko Online adalah sebuah tempat yang berupa Website yang didalamnya terdapat Program E-Commerce yaitu Cart dimana Pembeli tidak harus menghubungi pemilik toko tersebut terlebih dahulu seperti : Lazada, Berniaga.com, Blibli.com, Lecerce.com dan lain sebagainya.
  • Marketplace : seperti yang telah dijelaskan di awal Artikel ini, Marketplace merupakan Puncak dari E-Commerce, Marketplace biasanya mempunyai Sistem tersendiri yang dapat mengatur ratusan bahkan Jutaan Produk yang ingin dijual maupun di beli contohnya : eBay.com , bukalapak.com, tokopedia.com dan lain sebagainya.

Jadi istilah jualan online tentu sudah tidak asing lagi. Kemarin 5 Mei 2018 LENMARC mengadakan EVENT "Seluk Beluk Jualan Online" yang dihadiri lebih dari 10 peserta yang berasal dari berbagai bidang usaha.

Berbelanja secara online tentu menjadi kesenangan tersendiri bagi pembeli. Hanya dengan terhubung ke internet, kita bisa langsung memilih barang apa yang cocok dan akan kita beli. Ketika belanja secara online, kita akan menjumpai berbagai macam sistem yang diberlakukan oleh penjual. Ada yang memberlakukan sistem tanya jawab, yaitu kita bebas menanyakan seputar produk yang kita beli langsung kepada admin, ada juga yang dengan sekali meng-klik tombol “beli”, secara otomatis kita terdaftar sebagai pembeli produk tersebut. Tidak semua tempat belanja online kita sebut dengan online shop, bahkan ada yang disebut e-commerce dan marketplace. Lantas apakah perbedaannya? Lebih efektif yang manakah dari ketiga tempat belanja online tersebut?

Pengertian Online Shop

Sebagian besar orang akan berpendapat segala aktivitas belanja yang dilakukan secara online dapat dilakukan di online shop. Pada kenyataannya, tidak hanya melalui online shop, namun kita juga bisa belanja melalui e-commerce dan marketplace. Online shop atau yang disebut dengan toko online adalah sistem belanja online yang mana pembeli dapat menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait produk kepada penjual secara langsung, dapat melalui BBM, LINE, atau Whatsapp. Di beberapa online shop, biasanya akan ada diskon setelah pembeli sering berlangganan pada online shop tersebut. Ada juga online shop yang masih memberlakukan tawar menawar harga suatu produknya. Contoh dari online shop ini sering dijumpai di Facebook dan Instagram.

Pengertian Marketplace

Marketplace adalah model bisnis yang mana website yang bersangkutan tidak hanya membantu mempromosikan barang dagangan saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online. Pada sistem belanja online ini, sebuah website menyediakan lahan atau tempat  bagi para penjual untuk menjual produk-produknya. Di website inilah kita akan menemukan produk dari penjual yang berbeda, ada juga beberapa penjual dari online shop. Setiap produk yang terdapat dalam website tersebut telah diberikan spesifikasi dan penjelasan kondisi produknya, sehingga pembeli dapat langsung mengklik tombol “beli” kemudian melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum. Pada sistem belanja ini, penjual tidak melakukan tanya jawab kepada pembeli dan tidak ada diskon ataupun tawar menawar seperti pada online shop. Contoh dari marketplace diantaranya adalah tokopedia.com, olx.co.id, bukalapak.com, dll.